Tulang Mastoid

      Tak ada komentar pada Tulang Mastoid

Prosesus Mastoideus
Mastoid dibentuk oleh tonjolan tulang dari pars skuamosa dan petrosa os temporal. Letaknya tepat dibelakang (dorsal) CAE dan cavum timpani. Dengan procesus zygomaticus membentuk linea temporalis. M. sternokleidomastoid dan m. digastrikus v. posterior melekat pada proses mastoid.
Dibawah linea temporalis terletak segitiga henle dengan area kribosanya.
Mastoid pada orang dewasa mengandung rongga udara yang terlapis oleh mukosa disebut celulae, hingga pada foto rontgen terlihat seperti sarang tawon (honey comb). Selulae ini berhubungan dengan antrum. Menurut letaknya selule mastoid dibagi menjadi :

  • selule perianthral
  • selulae punctum. posterior CAE
  • selulae zygomaticus.

Seluale ini pada anak-anak berhenti berkembang pada usia 4-6 th. Apabila seluale tidak terbentuk maka terjadi sklerotik bone.
Antrum Mastoideum
Merupaka ruangan didalam os temporal yang dilapisi mukosa dgn epitel squamous simplex danmerupakan lanjutan dari cavum timpani. Antrum melanjut ke cavum timpani melalui aditus ad antrum . Atap antrum mastoid adalah tegmen timpani (berbatasan dengan fossa kranii media, bagian medialnya Canalis semisirkularis lateralis dan posterior.
Pertemuan antara tegmen dan sinus lateralis disebut sinodural angle. Dasar antrum berbatasan dengan canalis falopii pars horisontalis.

Technorati Tags: , , , ,

Tinggalkan Balasan