Blog

Konsultasi THT Online

10 – 15 Menit Percakapan/ sesi

Bisa gratis, bila tidak bisa diselesaikan secara online.
Bila bisa diselesaikan secara online, dokter akan chat melalui WA.
yang penting isi saja dulu formulir keluhan.

Hanya 150 Ribu
Klik Isi Formulir Keluhan

Kita Whatsapp-an aja gampang (kalau bingung)
0818716073 whatsapp

Operasi adenoid yang membesar

Adenoid_hypertrophy

adenoid adalah organ yang sel selnya sama dengan amandel. Kalau amandel letaknya di belakang samping lidah maka adenoid letaknya di belakang Hidung. Jika adenoid membesar maka hidung akan mampet dan akan keluar Ingus terus menerus.

seringkali bila amandel besar adenoid juga besar, sehingga bersamaan dengan operasi amandel, adenoid juga diangkat sekalian. Operasi pengangkatan adenoid ini lebih mudah dibandingkan operasi amandel, dengan resiko perdarahan lebih sedikit.

Tidur ngorok pada anak-anak Kebanyakan disebabkan amandel dan adenoid yang besar.

Kenapa adenoid menjadi perhatian penting juga? Karena posisi adenoid yang sangat berdekatan dengan tuba Eustachius, maka banyak penyakit congek (telinga meler) disebabkan karena adenoid yang membesar dan menutupi saluran tuba tersebut.

Pemeriksaan adenoid yang paling mudah adalah dengan melakukan Foto Rotgen adenoid, akan tampak sesuatu yang menutupi belakang hidung.

Operasi adenoid sangat mudah, caranya dengan curetase melalui mulut. Resiko perdarahan karena curete adenoid sangat minimal, karena adenoid vaskularisasinya kapiler. Berbeda dengan amandel, tonsila palatina (amandel) vaskularisasinya arteri, kemungkin perdarahan operasi masih bisa terjadi. Saat ini untuk meminimalisir perdarahan akibat operasi amandel, bisa digunakan alat bernama plasma coblation.

Operasi adenoid tanpa operasi amandel juga kerap dilakukan, disebabkan amandelnya memang tidak bermasalah dan tidak besar.