faringitis kronis ( radang tenggorok kronis )

Faringitis kronis adalah radang tenggorok berulang.

Faringitis kronis berbeda dengan faringitis akut. Faringitis kronis keluhan malah tidak menonjol (nyeri telan tidak terlalu, terkadang malah tidak demam).

Keluhan Radang tenggorok kronis berupa rasa panas atau rasa tidak enak di tenggorok, batuk batuk dahak di tenggorok. Kondisi demam tinggi tidak ada, namun rasa nggregesi ( tidak enak badan ) ada.

faringitis akut atau radang tenggorok akut keluhan lebih nyata, misalnya nyeri telan hebat batuk, pilek dan demam.

faringitis kronis perlu penanganan diluar minum obat. Penanganan diluar minum obat itu misalnya:

  1. Jaga makan minum (menghindari) makanan minuman yang extreme secara suhu dan rasa. Makanan yang keras dan bersudut tajam juga sebaiknya dihindari.
  2. Untuk kasus kasus radang tenggorok akibat luapan asam lambung (laringo pharyngeal reflux), pasien dianjurkan tidur bantal tinggi dan jangan makan menjelang tidur setidaknya 2 jam.
  3. Buah buah bergetah dan rasa asam sebaiknya juga dihindari.

Prinsipnya jika ingin radang tenggorok kronis membaik, usahakan jangan hajar dinding tenggorok kita dengan paparan makanan minuman yang merusak tenggorok. Makanan minuman yang merusak tenggorok adalah yang extreme secara suhu dan rasa.

https://konsultasispesialis.com #dokterthtsemarang @drhennytht

dokter tht tegal
faringitis kronis

Penulis: hennykartika

dokter spesialis tht semarang. Melayani secara online Demak Tegal Pekalongan Pemalang Purwodadi Kudus Jepara Pati ambarawa salatiga temanggung rembang