LNH (limfoma Non Hodgkin)

      Tak ada komentar pada LNH (limfoma Non Hodgkin)

1. LNH (limfoma Non Hodgkin) adalah sejenis kanker yang tumbuh akibat mutasi sel limfosit yang bisa tumbuh di kelenjar getah bening, limpa, sumsum tulang, darah maupun organ lain.
Gejala utama LNH adalah pembesaran kelenjar getah bening yang tidak menimbulkan nyeri dengan ukuran lebih dari 1 cm, dan terus membesar seiring dengan berjalannya waktu. Gejala lainnya demam, sering keluar keringat malam, penuruunan  berat badan.
LNH ada 2 tipe yaitu indolen dan agresif.
Tipe indolen umumnya tumbuh lebih lambat, gejalanya tidak khas, namun sering kambuh, dan sulit untuk disembuhkan. Sedangkan tipe agresif memiliki ciri: Perbesaran kelenjar getah bening cepat, gejala penyakit jelas, tanpa pengobatan umumnya pasien akan meninggal dalam waktu rata-rata 6 bulan, tapi respon pada terapi yang dilakukan sangat tinggi –jadi lebih mudah untuk sembuh.
faktor risikonya berkaitan dengan penurunan daya tahan tubuh, adanya agen infeksi (virus Epstein-Barr, hepatitis C, atau HIV), kemudian adanya paparan herbisida dan pelarut organik (terutama pada peternak, pekerja hutan atau pekerja di sektor pertanian) dan faktor lainnya seperti diet tinggi lemak hewani, merokok, atau paparan sinar ultraviolet.

Pengobatan yang dilakukan meliputi kemoterapi, radioterapi, imunoterapi, dan cangkok sumsum tulang atau sel induk darah.Technorati Tags: , ,

Tinggalkan Balasan