Interaural Attenuation

      Tak ada komentar pada Interaural Attenuation

Menurut Victor Goodhill. Interaural attenuation adalah pengurangan intensitas sinyal akibat transmisi dari satu telinga ke telinga sisi yang lain. Bila dilakukan pemeriksaan audiometri maka akan terjadi pengurangan intensitas sinyal akibat transmisi dari telinga yang baik ke telinga yang jelek sisi yang lain. Interaural attenuation AC pada frekwensi 250-8000 adalah sekitar 45 dB (Boeis). Untuk BC Interaural attenuation ini dapat diabaikan karena kecil yaitu : Brogg (5dB) .

Cross Hearing/ Shadow hearing/ Shadow Curve : adalah sinyal tes yang terdengar pada sisi telinga non tes. Hal ini bisa terjadi terutama pada BC karena interaural attenuation BC kecil sekali.

Cross hearing pada AC akan terjadi bila intensitas ada perbedaan Nilai Ambang antara kedua telinga minimal 45 dB.

Cross hearing pada BC akan terjadi bila ada perbedaan NA antara kedua telinga minimal 5 dB. Untuk menghilangkan pengaruh cross hearing ini digunakan masking pada telinga non tes.

Masking pada AC dipakai small band noise (bunyi sekeliling nada tes dengan intensitas yang sama) dan tidak boleh lebih dari 50 dB diatas nada tes untuk mencegah terjadinya cross hearing terbalik.

Masking pada BC diperlukan untuk setiap uji BC.

Pada masking bisa terjadi : Under masking, Masking sempurna dan over masking

Tes Rainville adalah tes untuk penentuan NA BC pada kasus over masking.

Technorati Tags: , ,

Tinggalkan Balasan