Faringitis Kronis

      3 Komentar pada Faringitis Kronis

Faringitis Kronis
Oleh : Muhammad al-Fatih II
Jenis faringitis kronis. Faringitis kronis memiliki 2 tipe yaitu hiperplastik dan atrofi.

Faringitis Kronis Hiperplastik

Patologi faringitis kronis hiperplastik. Terjadi perubahan mukosa dinding posterior faring dan hiperplasia kelenjar limfa dibawah mukosa faring & lateral band. Juga ditandai oleh adanya jaringan granular sehingga mukosa dinding posterior faring menjadi tidak rata.

Gejala faringitis kronis hiperplastik. Awalnya tenggorok rasa gatal dan kering kemudian terjadi batuk.

Terapi faringitis kronis hiperplastik. Kita dapat mengobatinya dengan kaustik faring menggunakan larutan nitras argenti atau listrik (electro cauter). Selain itu diperlukan pengobatan simptomatik menggunakan obat kumur, tablet hisap dan obat batuk (antitusif dan ekspektoran). Harus diobati penyakit lain yang berasal dari hidung dan sinus paranasal.

Faringitis Kronis Atrofi

Faringitis kronis atrofi sering timbul bersamaan dengan rinitis atrofi. Udara pernapasan yang tidak teratur suhu dan kelembabannya akan menyebabkan rangsangan dan infeksi faring.

Gejala & tanda faringitis kronis atrofi. Gejalanya berupa tenggorok rasa kering dan tebal. Mulut berbau. Mukosa faring tertutup oleh lendir kental. Tampak mukosa faring yang kering setelah kita mengangkat lendir tersebut.

Terapi faringitis kronis atrofi. Obati terlebih dahulu rinitis atrofi. Setelah itu obati faringitis kronis atrofi dengan obat kumur dan menjaga kesehatan mulut.

Etiologi faringitis kronis. Belum diketahui secara pasti namun ada beberapa faktor predisposisi yang dianggap berhubungan dengan faringitis kronis seperti :

Rinitis kronis.
Sinusitis.
Iritasi kronis. Akibat rokok dan alkohol.
Inhalasi. Akibat uap yang merangsang mukosa faring dan debu.
Kebiasaan. Bernapas melalui mulut akibat hidung tersumbat.
Daftar Pustaka

Rusmarjono & Efiaty Arsyad Soepardi. Penyakit Serta Kelainan Faring & Tonsil dalam Buku Ajar Ilmu Kesehatan Telinga, Hidung, Tenggorok, Kepala & Leher. Ed. ke-5. dr. H. Efiaty Arsyad Soepardi, Sp.THT & Prof. dr. H. Nurbaiti Iskandar, Sp.THT (editor). Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 2006.

Technorati Tags: , ,

3 comments on “Faringitis Kronis

  1. dede himawan ds

    minta data donk tentang angka mortalitas and morbiditas untuk faringitis kronis dunk…
    perlu banget untuk menyusun KTI (karya tulis ilmiah)…
    thank u banget

    Reply
  2. muphied

    suami saya didiagnosa faringitis oleh seorang dokter. tapi saya jadi agak bingung dan ragu karena sudah 2 minggu suhu badan masih naik turun.. benarkah faringitis bisa diderita dalam waktu selama itu(2 minggu)??

    Reply
  3. Ade

    masih bingung ama faringitis. apa ini juga ya, yang bikin saya sering flu hampir sebulan sekali plus bersin-bersin tiap pagi?sebenernya apa sih penyebabnya?

    Reply

Tinggalkan Balasan